Senin, 28 Juni 2010

Ho'oponopono : Testimoni arif

Baru Baca buku Zero Limit karya joe vitale, langsung jatuh cinta dengan ho'oponopono metode hawaian kuno yg bilang kalo apa yg terjadi, alami, lihat di masa kita hidup adalah 100% tanggung jawab kita. Semuanya adalah tanggung jawab kita, mulai dari apa yg kita alami dan rasakan, orang lain alami dan rasakan (yg informasinya sampai kepada kita) sampai apa yg kita lihat di media dan surat kabar yg menjadi beban pikir kita semuanya adalah 100% tanggung jawab kita.


Ternyata pola pikir saya sependapat dengan konsep ini, dimulai dari konsep yg dipahami kemudian berubah jadi keinginan untuk melakukan, ahirnya ketagihan untuk melakukan ho'oponopono. Apa sih yg saya dapat? luar biasa yang saya rasakan, semuanya yg semula terasa berat sekarang jadi terasa mudah. Contoh, setiap hari saya pergi ke kantor di pagi hari dan pasti mengalami macet dan macet ini selalu membuat jengkel dan menjadi beban pikir saya, dengan ho'oponopono saya berpikir jika macet ini tanggung jawab saya dan luar biasa semuanya menjadi terasa mudah dan ringan. Pekerjaan di kantor menjadi terasa sangat ringan, masalah seberat apapun menjadi mudah, energi positif selalu terpancar, orang disekitar kita merasa nyaman dengan keberadaan kita. Itu semua yg saya rasakan ketika menerapkan hooponopono identitas diri di kegiatan sehari-hari.

Bagaimana melakukan ho'oponopono?? mudah, hanya dengan berpikir saat ini, sadar dan berucap kepada kesadaran tertinggi di dalam diri kita bahwa apa yg terjadi, saya alami, lihat adalah tanggung jawab kita saya menyesal, saya mohon ampun, saya minta maaf, terima kasih sudah diberi kesempatan untuk meminta maaf, untuk meminta ampun, saya mengasihi.

Hasilnya luar bisa semuanya terasa mudah, masalah tidak lagi ditanggapi beban dan membuat ganjalan di dada, ganjalan di dada sirna, semuanya ringan dan baik dan action selanjutnya terhadap masalah sudah langsung terlihat.

Semoga bermanfaat.

blog mas arif Budiarto
arifbudiarto.blogspot.com/2010/03/hooponopono.htm

1 komentar:

Mohon saran dan Komentarnya untuk perkembangan blog ini. Terima Kasih.